Belajar diartikan sebagai upaya untuk menambah dan
mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar
hanya wajib
dilakukan oleh siswa. Padahal tidak demikian, karena belajar tidak mengenal
batasan usia dan waktu.
Menurut
Hilgrad dalam Sukmadinata (2007:155-156), belajar adalah suatu proses dimana
suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respon terhadap situasi.
Hilgrad menitikberatkan pada hubungan antara stimulus dan respon. Stimulus
adalah apa saja yang diberikan guru kepada siswa, sedangkan respon berupa reaksi
terhadap stimulasi yang diberikan guru. Apabila stimulasi yang diberikan kepada
siswa mendapatkan respon yang baik maka dapat menyebabkan perubahan perilaku
yang bersifat tetap.
Gagne dan
Berliner dalam Anni (2007: 2) mendefinisikan belajar sebagai suatu proses
dimana suatu organisme mengubah perilakunya karena hasil dari pengalaman.
Dengan kata lain, belajar adalah proses perubahan perilaku individu yang
diperoleh dari hasil interaksi individu tersebut dengan lingkungannya. Jadi,
seseorang baru bisa dikatakan belajar apabila orang yang bersangkutan melakukan
suatu aktivitas yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku yang relatif
lama dan dapat diamati.
Berdasarkan
definisi yang dikemukakan Gagne tersebut, ada tiga unsur pokok dalam belajar,
yaitu proses, perubahan perilaku, dan pengalaman. Penjelasan selengkapnya
mengenai ketiga unsur pokok dalam belajar sebagai berikut:
(1) Proses
Aktivitas
belajar melibatkan proses mental dan emosional atau proses berpikir dan
merasakan. Seseorang dikatakan belajar apabila dia aktif berpikir dan
merasakan. Proses berpikir dan merasakan ini tidak dapat diamati oleh orang
lain, tetapi dapat dirasakan oleh orang yang bersangkutan.
Proses
berpikir dan merasakan memang tidak bisa dilihat oleh orang lain, tetapi orang
lain dapat melihat kegiatan yang dilakukan sebagai akibat adanya proses
berpikir dan merasakan. Contoh nyata kegiatan siswa sebagai akibat dari proses
berpikir selama pembelajaran antara lain bertanya, menjawab pertanyaan guru,
melaporkan hasil diskusi, membuat rangkuman, dan sebagainya. Proses belajar ini
(berpikir dan merasakan) tidak hanya berlangsung saat berada di bangku sekolah
saja, tetapi berlangsung seumur hidup pada semua orang.
(2) Perubahan perilaku
Seseorang yang belajar akan
mengalami akibat dari proses belajarnya yaitu perubahan perilaku. Perubahan
perilaku dapat berupa pengetahuan dan keterampilan, serta penguasaan
nilai-nilai dan sikap. Perubahan perilaku sebagai diklasifikasikan menjadi tiga
yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Kognitif berkaitan dengan kemampuan
intelektual manusia yang terdiri dari enam aspek yaitu
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Afektif berkaitan dengan emosional
manusia yaitu kemampuan menguasai nilai-nilai yang dapat membentuk sikap seseorang
yang terdiri dari lima aspek yaitu penerimaan,
jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi, internalisasi. Psikomotorik berkaitan dengan
perilaku dalam bentuk keterampilan-keterampilan motorik.
(3) Pengalaman
Belajar
adalah mengalami, artinya seseorang yang belajar mengalami interaksi dengan
lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan fisik dan lingkungan sosial
yang baik adalah lingkungan yang dapat memberi rangsangan kepada siswa untuk
belajar.
Belajar
juga dapat dilakukan melalui pengalaman, baik pengalaman tidak langsung maupun
pengalaman langsung. Belajar dengan cara mendengarkan penjelasan dari guru atau
dengan membaca buku merupakan contoh belajar melalui pengalaman tidak langsung,
sedangkan melakukan eksperimen terhadap sesuatu hal adalah contoh belajar
melalui pengalaman langsung.
Dari
ketiga unsur pokok dalam belajar yang telah dipaparkan di atas, dapat diambil
kesimpulan bahwa belajar adalah proses mental dan emosional seseorang yang
mengakibatkan perubahan perilaku (kognitif, afektif, dan psikomotorik) karena
adanya interaksi dengan lingkungan fisik dan atau lingkungan sosial. Belajar
tidak dialami semasa bangku sekolah saja tetapi berlangsung sepanjang hayat.
{ 1 comments... read them below or add one }
jahe super
jahe super
jahe super
jahe super
jahe super
Post a Comment